Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu Prodi FAKSHI

  FAKSHI, 1/2/2021, Mengawali Februari, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (FAKHSI) kembali melaksanakan rapat di ruang meeting room . R...

 


FAKSHI, 1/2/2021, Mengawali Februari, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (FAKHSI) kembali melaksanakan rapat di ruang meeting room. Rapat ini dipimpin oleh Dekan Dr. Hj. Rusdaya Basri, Lc., M.Ag didampingi oleh Wakil Dekan II Dr. Agus Muchsin, M.Ag, dan dihadiri Ketua Prodi HKI Wahidin, M.HI, Ketua Prodi HES Hj. Sunuwati, Lc.,M.HI, Kabag TU Nurmi, M.Ag, dan  3 orang dosen CPNS. Sementara pejabat struktural lainnya mengikuti rapat secara daring via google meet di antaranya Wakil Dekan I Budiman M.HI, dan Ketua Prodi HPI Dr. Hj. Saidah, S.HI. M.H.

Pengantar rapat dibuka Dekan dengan agenda kali ini membahas empat hal. Pertama, data riil mahasiswa masing-masing prodi tahun akademik 2020/2021. Kedua, usulan kerja sama. Ketiga, dosen cpns yang diperbantukan. Keempat, persiapan akreditasi prodi HTN dan HPN. Setelah memberikan pengantar, Dekan mempersilahkan kepada kaprodi untuk menyampaikan laporan terkini jumah mahasiswa yang aktif dan rencana usulan kerja sama.

Masing-masing prodi pun menyampaikan laporan jumlah mahasiswa dan usulan kerja sama. Kecuali Prodi HTN karena Kaprodi yang bersangkutan sedang dalam kondisi Kesehatan yang kurang prima.

Jumlah Mahasiswa Aktif Prodi HES, HKI, dan HPI

Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)

Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al-Syakhsiyah)

Hukum Pidana Islam (Jinayah)

Angkatan

Jumlah

Angkatan

Jumlah

Angkatan

Jumlah

2014

25

2014

2

2014

-

2015

44

2015

17

2015

-

2016

112

2016

41

2016

24

2017

83

2017

29

2017

29

2018

74

2018

58

2018

56

2019

101

2019

56

2019

62

2020

62

2020

58

2020

45

Total

501

Total

281

Total

216

 

Kaprodi HES, Hj Sunuwati, Lc. M.Ag mengusulkan kerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pengadilan Agama Kota Makassar, Badan Wakaf Indonesia, dan Badan Arbitrase Syariah Nasional. Kaprodi HKI, Wahidin, M.HI mengusulkan Kementerian Agama, Pengadilan Agama, Lembaga Bantuan Hukum di Parepare, serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Kaprodi HPI Dr. Hj, Saidah, S.HI. M.H mengusulkan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama untuk praktek sidang, Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, Kementerian Hukum dan HAM, Kepolisian, dan Lembaga Bantuan Hukum.

Seusai kaprodi menyampaikan usulan tersebut, Wadek I Budiman, M.HI menanggapi bahwa usulan kerja sama yang disampaikan itu sudah baik. Tetapi, dia menyarankan agar level kerja sama itu dinaikan ke tingkat provinsi dan nasional, sehingga tidak menguras energi. Tata kerja pemerintah itu bersifat koordinatif, sehingga kerja sama di tingkat provinsi dan nasional itu berimplikasi juga di tingkat lokal. Dia juga menambahkan bahwa usulan kerja sama sebaiknya ditinjau juga dari aspek geografis mahasiswa kita sebagai pengguna jasa pendidikan. 

            Sementara itu, Wadek II Agus Muchin menyarankan untuk memanfaatkan peluang pandemi covid-19 ini dengan kerja sama antar perguruan tinggi maupun antar fakultas syariah. Kerjasama dengan beberapa kampus baik dari IAIN maupun UIN, begitupula kampus bertahap internasional. Kerja sama ini dipandang sangat memungkinkan karena akan ada penerapan konsep pertukaran dan berbagi ilmu di sana. Dosen kampus lain bisa mengisi satu pertemuan di mata kuliah, misalnya Hukum Ekonomi Islam. Sebaliknya, dosen IAIN Parepare mengisi satu pertemuan di kampus lain. Dengan kata lain, relasi kerja sama yang dijalin bersifat resiprokal, yakni saling memberi (giving) dan menerima (receiving).

            Dekan FAKSHI pun menampung tanggapan yang disampaikan Wadek I dan Wadek II tersebut sebagai aspirasi dalam rapat kali ini. Dekan juga mengatakan bahwa uraian detail dalam lembar usulan kerja sama yang diberikan pihak rektorat ini sangat membantu. Ada level kerja sama di setiap tingkatan dan narahubung yang memfasilitasi antara prodi nanti dengan lembaga yang menjadi partner kerja sama.

Dekan juga menghimbau bagi dosen CPNS yang diperbantukan, dihimbau untuk membantu persiapan akreditasi HTN dan HPI, serta tetap juga membantu administrasi. Selain Dosen CPNS, para Kaprodi juga dihimbau untuk bekerja ikhlas sesuai dengan budaya kerja di Kementerian Agama. 

Sebagai penutup, Dekan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta rapat, baik peserta offline maupun online (daring). (c/app/usm/mm). 

Tidak ada komentar

Profil