Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

RAPAT AKADEMIK FAKSHI DILAKSANAKAN SECARA DARING

  16/02/2021. Pelaksanaan rapat akademik tahun ini berbeda dengan sebelumnya, rapat yang diselenggar akan menjelang awal memasuki semeste...

 


16/02/2021. Pelaksanaan rapat akademik tahun ini berbeda dengan sebelumnya, rapat yang diselenggar akan menjelang awal memasuki semester baru sebagai bentuk evaluasi semester sebelumnya serta berbagai kebijakan pimpinan pada semester yang akan datang, kini dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) melalui aplikasi zoom pada hari ini, Selasa 16 Februari 2021, yang dihadiri oleh seluruh dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi).

Rapat akademik dibuka oleh Dekan Fakshi Dr. Hj. Rusdaya Basri, Lc.,M.Ag., didampingi oleh Wakil Dekan I Budiman, M.HI., Wakil Dekan II Dr. Agus Muchsin, M.Ag., Kabag Tata Usaha FAKSHI Nurmi, S.Ag.,M.A., Kasubbag AKA Muh. Arsyad, S.Pd.I.,M.H. Pembukaan rapat akademik berlangsung sangat khidmat yang diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia raya dan ditutup dengan pembacaan doa.

Dekan Fakshi Dr. Hj. Rusdaya Basri, M.Ag. dalam sambutannya  menyampaikan bahwa kegiatan rapat akademik ini dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi akademik guna peningkatan mutu Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam kedepannya.

“Oleh karena itu, dibutuhkan saran-saran dari bapak/ibu dosen untuk perbaikan mutu fakultas khususnya terkait dengan perihal akademik”, Ujar Bu Dekan

 

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan rapat akademik yang dipandu oleh Kabag Tata Usaha Fakshi Nurmi, S.Ag.M.A. selaku moderator, meskipun dilaksanakan secara daring, tidak mengurangi antusiasme para peserta untuk menyampaikan pandangan, gagasan, dan saran terhadap perbaikan kualitas akademik Fakshi. Salah satunya berkaitan dengan pentingnya dosen berpartisipasi aktif dalam penulisan-penulisan karya ilmiah baik berupa jurnal maupun buku sebagaimana yang disampaikan oleh Dr.Fikri, S.Ag. MH.I., dan Islamul Haq,Lc.,M.A.

Lain halnya yang disampaikan oleh Dr. Syafaat Anugerah,M.H., Rusdianto,M.H., dan Rustam M. Pikahulan,M.H., yang lebih cenderung menekankan pada aspek kesesuaian antara konsentrasi keilmuan dosen dengan program studi, antara mata kuliah yang didistribusi sesuai dengan klaster latar belakang pendidikan dosen, hingga gagasan tentang sistematika kurikulum yang ideal. Sementara, Dr.M. Ali Rusdi,M.HI. menyampaikan tentang kegiatan kemahasiswaan khususnya yang berkaitan dengan keikutsertaan dalam berbagai lomba/event perlu mendapat perhatian baik dari aspek pembinaan maupun penganggaran.

Wakil Dekan I Budiman, M.HI., selaku Wakil Dekan I yang menyelenggarakan urusan Akademik, Kerjasama, dan Kemahasiswaan dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan akademik.

“Kita butuh tim Ahli yang akan menyusun kurikulum yang lebih sempurna”, “Selama ini kita punya program penulisan buku daras sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi para dosen dalam bidang penulisan dan penelitian”  Ujar WD I

“kami berharap pada seluruh dosen untuk memperhatikan integrasi data dalam sistem informasi, seperti Dosen Penasehat akademik memastikan tidak ada lagi permasalahan yang timbul setelah validasi dilakukan” lanjut WD I

Rapat akademik ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor II IAIN Parepare Dr.H. Sudirman L, M.H., meskipun dalam penyampaiannya kehadiran beliau hanya sebagai Dosen Fakshi IAIN Parepare. Beberapa wejangan akademik dan penguatan bidang keuangan yang disampaikan khususnya yang berkaitan dengan tugas dan fungsi sebagai Wakil Rektor II.

“Mahasiswa yang berprestasi harus kita support, makanya dukungan kepada mahasiswa yang mengikuti event yang mengharumkan nama baik kampus harus diberikan reward, seperti kemarin ada yang menang debat, kita bayarkan UKT-nya” tutur Wakil Rektor II

Selain dialog tentang evaluasi akademik semester sebelumnya, rapat akademik juga membahas persiapan memasuki semester genap secara terintegrasi melalui sistem baik https://sisfo.iainpare.ac.id/ maupun Sevima EdLink yang dipandu langsung oleh kepala Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Ir. Sufyaldi. (c/da/usm/mm).

 

Tidak ada komentar

Profil