Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Dosen HKI Raih Peserta Terbaik 1 Latsar CPNS Kementerian Agama RI

FAKSHI IAIN Parepare -  Salah satu Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) IAIN Parepare Wirani Aisiyah Anwar peroleh prestasi ...


FAKSHI IAIN Parepare - Salah satu Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) IAIN Parepare Wirani Aisiyah Anwar peroleh prestasi membanggakan dengan menjadi peserta terbaik I pada angkatan II dalam Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Kementerian Agama se-Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan Makassar Tahun 2022.

Pengumuman peserta terbaik disampaikan saat kegiatan penutupan di BDK Makassar pada, Sabtu (22/10/2022). Penyerahan piagam penghargaan peserta terbaik diserahkan oleh Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Pengembangan Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara Muhammad Aswad didampingi Kepala BDK Makassar Juhrah.

Indikator penilaian peserta terbaik diawali sejak tahapan pertama, yaitu Massive Open Online Course (MOOC) yang dilanjutkan dengan pembelajaran jarak jauh, baik mandiri maupun dipandu oleh mentor dan coach.

Selanjutnya, peserta diminta untuk membuat rancangan aktualisasi yang akan direalisasikan pada masa habituasi selama satu bulan. Terakhir, peserta akan melaporkan dan mempresentasikan hasil aktualisasi yang telah dilaksanakan dalam seminar hasil aktualisasi.

Wirani Aisiyah Anwar mengusung judul aktualisasi PENARI (Pendampingan Penulisan Jurnal Ilmiah) yang mengangkat persoalan masih minimnya publikasi ilmiah berupa jurnal mahasiswa pada Prodi Hukum Keluarga Islam.

Wirani membagi pelaksanaan aktualisasi ini membagi ke dalam lima uraian kegiatan, di antaranya Perencanaan Rancangan Aktualisasi Penari, Persiapan Kegiatan Penari, Pelaksanaan Kegiatan Penari, Submit Jurnal Hasil Penari ke OJS/ Web Jurnal, dan Evaluasi Kegiatan Penari.


Bagi Wirani, kegiatan aktualisasi tersebut dapat berjalan secara efektif dan mampu dipertahankan dihadapan penguji Ilham berkat arahan dan masukan Mentor Jafar, Coach Tri Karyanto serta hasil koordinasi dan konsultasi dengan Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam Rahmawati dan Kaprodi Studi Hukum Keluarga Islam Sunuwati.

“Berangkat dari isu, masih minimnya publikasi Ilmiah berupa jurnal mahasiswa, maka saya mencoba mengangkat aktualisasi PENARI berupa pendampingan penulisan jurnal ilmiah bagi mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam. Alhamdulillah, dari beberapa peserta yang ikut ada sekitar lima belas jurnal tulisan mahasiswa yang siap untuk dipublikasikan. Semoga dengan adanya karya jurnal mahasiswa ini dapat bermanfaat dalam peningkatan dunia akademisi, khususnya keilmuan Hukum Keluarga Islam dan menjadi poin untuk akreditasi prodi dalam peningkatan luaran publikasi jurnal mahasiswa,” tutur Wirani.

Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama Republik Indonesia yang diselenggarakan, Selasa-Sabtu (9-22/08-10/2022) secara blended learning, yaitu mengintegrasikan pola pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran klasikal (on campus) dilaksanakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar yang membagi angkatan dan gelombang peserta Latsar CPNS. (AR/Mif)

Tidak ada komentar

Profil