Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Dekan dan Dosen FAKSHI Ikuti Pendidikan Ulama Perempuan

FAKSHI- Dekan FAKSHI, Dr. Rahmawati, M. Ag. bersama Dr. Hj. Rusdaya Basri,Lc.,M.Ag.,  Hj. Sunuwati,Lc.,M.Hi., dan Hj. Nurdaliah Bate, Lc., M...


FAKSHI- Dekan FAKSHI, Dr. Rahmawati, M. Ag. bersama Dr. Hj. Rusdaya Basri,Lc.,M.Ag.,  Hj. Sunuwati,Lc.,M.Hi., dan Hj. Nurdaliah Bate, Lc., M.H.I.  mengikuti Pendidikan Ulama Perempuan (PUP)  di Hotel Swiss Bell Makassar (22-25/06/2022). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Rahima Institut, salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak dalam bidang pendidikan dan informasi Islam, serta hak-hak perempuan.

Untuk mengikuti kegiatan tersebut peserta harus mengikuti seleksi yang ketat karena peserta  harus dapat membaca kitab kuning/gundul. Kegiatan PUP oleh Rahima dilaksanakan selama 3 tahap.  Untuk wilayah Sulawesi Selatan, PUP tahap I dilaksanakan sejak tahun 2019 sebelum masa pandemi, tahap II dilaksanakan tahun 2020 secara daring, dan tahap III secara luring di Hotel Swiss Bell Makassar.


“PUP tahap I peserta dibekali pengetahuan dasar terkait dengan sumber dan dasar keagamaan. Pada PUP tahap II peserta diberikan pemahaman metodologi dan pendekatan studi keislaman yang komprehensif dalam menyelesaikan problem sosial masyarakat terutama persoalan perempuan dan anak.   Yang menarik dalam kegiatan PUP tahap III, peserta diarahkan untuk memahami realitas komunitas sosial marginal dengan turun ke lapangan untuk melihat fakta yang ada serta menganalisisnya dengan berbagai metode dan pendekatan yg telah diperoleh sebelumnya, "ungkap Rahmawati saat dikonfirmasi terkait tahapan PUP. 

Ulama tidak hanya identik dengan tokoh agama laki-laki, tetapi juga dikenal istilah ulama perempuan yang merupakan orang yang memiliki keilmuan keagamaan dan kepekaan atau sensitifitas terhadap kepedulian sosial terutama pada komunitas marginal khususnya perempuan dan anak untuk melakukan perubahan agar martabat terangkat dan hak-hak mereka terpenuhi. (da/tin)

Tidak ada komentar

Profil