Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Studi Lapang Mahasiswa HTN di DPRD Kota Parepare

Rabu 26 Juni 2019, Mahasiswa Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare mengunjungi Kantor DPRD Kota Parepa...


Rabu 26 Juni 2019, Mahasiswa Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare mengunjungi Kantor DPRD Kota Parepare dalam rangka kuliah lapang mata kuliah Legal Drafting. kunjungan tersebut, di inisiasi oleh dosen pengampu mata kuliah Dr. Zainal Said,.M.H dan di dampingi lansung oleh Dekan Fakultas Syariah Dan ilmu Hukum Islam serta Kaprodi Hukum Tata Negara. Kunjungan mahasiswa tersebut, mendapatkan sambutan yang baik dan secara dari ketua DPRD Kota Parepare Ir. Kaharuddin Kadir.,M.SI selaku pimpinan.
Kunjungan mahasiswa Hukum Tata Negara ke DPRD kota pare, dalam rangka untuk melihat bagaimana prosesi rancangan Perda kota parepare. Yang menariknya adalah pada kunjungan tersebut bertepatan dengan adanya rapat Paripurna dengan Walikota Parepare, terkait  RANPERDA tentang  LPJ pelaksanaan APBN 2018 untuk di jadikan PERDA 2019. Terdapat tiga Paripurna kemarin yaitu, pembacaan sikap dari masing-masing fraksi, pernyataan dari pihak DPRD sendiri sebagai hasil dari masing-masing komisi dan pembacaan dari pihak Walikota selaku pelaksana anggaran.
Kunjungan dan studi lapang tersebut merupakan bagian daripada studi lapangan materi perkuliahan Legal Drafting, dalam hal ini tekait dengan prosesi pembuatan PERDA. Dalam kunjungan kemarin, pihak Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare menawarkan kerjasama dengan pihak DPRD dan mendapatkan tanggapan yang positif dan akan di tindaklajuti selanjutnya terkait pembicaran tersebut. Hal inilah yang menjadi point penting dari kegiatan studi lapang perkuliahan kemarin atau lebih tepatnya kunjungan ke DPRD.
Terkait kunjungan dan studi lapangan perkuliahan kemarin, menurut dosen pengampu mata kuliah ketika dimintai keterangannya adalah sebagai berikut “Alhamdulilah, terkait dengan kunjungan kemarin saya secara pribadi melihat ini pelajaran yang sangat berharga. Karena mahasiswa secara lansung mengikuti dan bisa memahami dengan jelas tentang prosesi-prosesi perancangan perundang-undangan khususnya RANPERDA yang diikuti kemarin. Walaupun yang diikuti kemarin adalah tahapan paripurna saja tetapi mahasiswa bias memahami secara proses dan dinamika persidangan di DPRD”.  Dalam lanjutan komentarnya Dr. Zainal Said,.M.H, mengharapkan kegiatan-kegiatan seperti ini harus di perhatikan oleh Pihak PRODI dan Pimpinan Fakultas agar bisa berlanjut. (rmp)

Tidak ada komentar

Profil